Breaking News

Jumat, 19 September 2014

sejarah vbb (sumber :http://vespawarmachine.blogspot.com/)





Saat pertama kali diproduksi tahun 1960, Vespa VBB mengusung mesin 150cc yang merupakan evolusi dari generasi sebelumnya yakni VBA (1958-1960), dengan penyempurnaan dalam ukuran karburator menjadi Dellorto SI20/17C dan 4 speed sementara itu VBA berukuran karburator Dellorto SI20/17A dan hanya 3 speed (Leardi, Frisinghelli, Notari 1999...). Untuk melihat secara kasat mata perubahan yang mencolok dari generasi sebelumnya meliputi, tidak dibenamkannya lagi indicator light di handlebar (stang), penambahan garis maya melengkung di box bagasi dan mesin serta spakbor depan, model lampu belakang, stand shoe (karet sepatu standar) dan lain-lain.

Berdasarkan penampilan fisik yang diselaraskan dengan kemampuan mesinnya, VBB nampaknya salah satu varian yang dapat diterima oleh banyak kalangan pada masa itu. Ini dapat terlihat dari begitu banyaknya negara yang bekerjasama dengan Piaggio Italy dalam pengembangkan varian ini seperti di Jerman, Inggris, India bahkan Amerika Serikat. Yang dimana tentunya dengan penambahan disana-sininya sesuai aturan berkendaraan masing-masing negara bersangkutan. Akan tetapi di negeri tercinta sendiri varian VBB yang ada tidak memiliki perubahan spesifikasi, sama seperti dari negeri asalnya.

Nuansa lain yang menunjukkan varian ini dapat diterima publik adalah dari jumlah produksi jenis ini yang lebih dari 270.000an unit, dimana hingga dekade 1970an hanya dikalahkan oleh Vespa 150 Sprint (di negeri tercinta dikenal dengan nama Sprint Kotak, VLB1 1965-1974) yang berjumlah lebih dari 1.200.000an unit . Terlihat bahwa dari beberapa data tersebut menunjukkan bahwa deskripsi umum atas scooter/Vespa itu bulat cukup signifikan.

sumber :http://vespawarmachine.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Designed By